Pemilu

Bawaslu Parimo Pinta Kerja PKD untuk Maksimal Awasi Coklit PPDP

Tinombo, sultengpostcom – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dihelat pada tanggal 9 Desember mendatang kini telah memasuki tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk pemutakhiran data pemilih.

Untuk itu, Pengawas Kelurahan Desa (PKD) yang merupakan ujung tombak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diharapkan aktif dan maksimal dalam melakukan pengawasan tahapan tersebut yang berlangsung 18 Juli hingga 13 Agustus mendatang.

Demikian disampaikan Komisioner Bawaslu Parimo yang juga merupakan Koordinator Divisi Pencegahan Hubungan Antar Lembaga (PHL), Fatmawati ST.M.Ap, saat memberikan materi singkat terkait teknis pengawasan tahapan coklit kepada 15 PKD jajaran Panwascam Tinombo, di sela kunjungan bertajuk Supervisi pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih, Kamis (16/7/2020).

Jajaran PKD diharapkan aktif mengawasi PPDP yang bekerja dilapangan dalam melakukan pencocokan data pemilih yang dilakukan secara door to door dari rumah ke rumah.

“Setiap waktu PKD harus saling koordinasi dengan PPS di masing masing desa sehingga bisa mengawasi para PPDP yang bertugas di lapangan,” ujar Fatmawati.

Pengawasan yang dimaksud meliputi memastikan PPDP mendata pemilih yang masuk dalam Data Penduduk Potensial Pemilih (DP4) serta PPDP dalam bertugas mematuhi protokol kesehatan seperti memakai Alat Pelindung Diri serta menjaga jarak.

“Pengawasan yang aktif dan maksimal yang dilakukan PKD akan menghasilkan data pemilih yang berkualitas dalam Pilkada nantinya,” ujar Fatmawati.

Dalam supervisi tersebut, Komisioner Bawaslu Parimo juga menyerahkan sejumlah APD kepada jajaran Panwascam Tinombo dan PKD.

“Selain kita mengingatkan PPS dan PPDP, Panwas juga harus menggunakan APD dan masker yang sesuai protokol kesehatan,” tuturnya. ***

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close